Tugas berfikir filsafat ilmu dan logika

Posted: November 10, 2012 in Uncategorized

Nama :Fahmi Hafidz

Nim : 201258031

Dosen :Mulyo wiharto

Bidang :Filsafat ilmu dan logika

                                                                  TUGAS FILSAFAT

Pengertian

 Menurut Bernheim (seorang sejarawanJerman)

 MenurutSunnaldan Haas (1993: 278)

 Menurut Costa (Burger, 1970: 44)

Kesimpulan

Sejarah.

Sejarah adalah sebuah ilmu yang menelusuri serta menempatkan peristiwa- peristiwa tertentu dalam waktu dan ruang mengenai perkembangan manusia, baik secara perorangan maupun kolektif, sebagai mahluk sosial dalam hubungan sebab dan akibat, lahir maupun batin.

 Sejarah merupakan studikronologis yang menafsirkan dan memberikan arti peristiwa dan  berlaku  metodesistematis untuk menemukan kebenaran.

Dimana pada hakikatnya sejarah merupakan catatan seluruh  pengalaman, baik secara individu maupun kolektif bangsa / nation dimasa lalu tentang kehidupan umat manusia.

 ilmu yang digunakan untuk mempelajari peristiwa penting masa lalu manusia,dan dapat juga diartikan sebagai kejadian dan peristiwa yang benar-benar terjadi pada masa lampau atau asal-usul.

Pengertian

MenurutPrayitnodalamIlyas (2001),

 MenurutMardikanto (1993),

Menurut Capra(2004,107)

Kesimpulan

Teknologi.

Teknologi adalah seluruh perangkat  ide, metode, teknik benda-benda material yang digunakan dalam waktu dan tempat tertentu maupun untuk memenuhi kebutuhan manusia.

Teknologia dalah suatu perilaku produk,   informasi dan praktek-praktek baru yang belum banyak diketahui, diterima dan digunakan atau diterapkan oleh sebagian warga masyarakat dalam suatu lokasi tertentu dalam rangka mendorong terjadinya perubahan individu dan atau seluruh warga masyarakat yang bersangkutan.

 Mendefinisikanteknologi sebagai ‘kumpulan alat, aturan   dan prosedur yang merupakan penerapan   pengetahuan ilmiah erhadap suatu  pekerjaan tertentu dalam cara yang memungkin kan pengulangan.

Teknologi adalah  hal-hal yang baru yang belum diketahui, diterima dan digunakan  banyak orang dalam suatu lokasi tertentu baik berupa ide maupun berupa benda atau barang.

 

Pengertian

Menurut Ki HajarDewantara

Menurut Ahdian Karta Miharja

Menurut Drs. Sudarmaji

kesimpulan

Seni.

Seni adalah segala perbuatan manusia  yang timbul dari perasaan dan sifatindah, sehingga  menggerakan jiwa perasaan manusia

Seni adalah kegiatan rohani yang mereflesikan realitas dalam suatu karya yang bentuk dan isinya mempunya  untuk membangkitkan pengalaman tertentu  dalam rohaninya penerimanya.

Seni adalah segalaman ifestasi batin dan pengalaman estetis dengan menggunakan  media  bidang,garis,warna,tekstur,volume dan gelap terang.

Seni adalah suatu perbuatan nyata yg dilakukan dari perasaan yang  indah dan terciiptanya sesuatu yg membangkitkan jiwa dan rohani penerimanya.

Pengertian

Him street &Baty

Carl i.Hovland

Delton E, McFarland

Kesimpulan

Komunikasi.

Komunikasia dalahsuatu proses pertukaran informasi antar individu melalui suatu sistem yang biasa (lazim), baik dengan simbol-simbol, sinyak-sinyal, maupun perilaku atau tindakan

Komunikasi adalah proses dimana seseorang individu atau komunikator mengoperkan stimulan biasanya dengan lambang-lambang bahasa (verbal maupun non verbal) untuk mengubah tingkah laku orang lain

Komunikasi adalahsuatu proses interaksi yang mempunyai arti antara sesama manusia

Komunikasi adalah proses sosial, dalam arti pelemparanpesan/lambang yang mana mau tidak mau akan menumbuhkan pengaruh pada semua proses dan berakibat pada bentuk perilaku manusia dan adat kebiasaan

Pengertian

Menurut Mr. E.M. Mayers,

MenurutDuguit

Menurut  Immanuel Kant

Kesimpulan

Hukum.

Hukum adalah semua aturan yang mengandung pertimbangan kesusilaan ditinjau kepada tingkah laku manusia dalam masyarakat dan yang menjadi pedoman penguasa-penguasa negara dalam melakukan tugasnya.

Hukum adalah tingkah laku para anggota masyarakat, aturan yang daya penggunaannya pada  saat tertentu diindahkan oleh suatu masyarakat sebagai jaminan dari kepentingan bersama terhadap orang yang melanggar peraturan itu.

Hukum adalah keseluruhan  syarat-syarat yang dengan ini kehendak dari orang yang satudapat menyesuaikan dengan kehendak bebas dari orang lain memenuhi  peraturan hukum tentang Kemerdekaan.

Hukum adalah peraturan yang di tegaskandan di tetapkan,yg mengandung pertimbangan kesusilaan di tinjau dari tingkah laku masyarakat dan menjadi pedoman.

 

                                                                  

Sumber :internet,Wikipedia,danbuku…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s